Friday, July 6, 2012

Tutorial Memasang Facebook Comment dan Facebook Like Button di Blog Pribadi

Untuk memasang system Facebook Comment dan Like Button ini, pertama kali yang harus anda lakukan adalah Login ke Account Facebook anda. Setelah anda login, coba anda membuka sebuah halaman baru dan ketikkan buka alamat https://developers.facebook.com/apps/. Alamat tersebut berfungsi untuk membuat sebuah aplikasi Facebook yang akan kita manfaatkan sebagai wadah Facebook Comment dan Like Button tersebut. Setelah halaman tersebut terbuka, buatlah sebuah Applikasi baru dengan menekan tombol Create New App. Perhatikan Gambar di bawah ini :

membuat Application pada facebook

Setelah anda berhasil membuat sebuah aplikasi baru, anda akan mendapatkan App ID/API Key dan App Secret seperti yang diperlihatkan di gambar diatas. Keduanya adalah yang akan kita gunakan ketika membangun aplikasi ini nantinya. Selanjutnya mari kita buat sebuah Facebook Comment dengan melalui alamat https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/comments/. Setelah alamat tersebut terbuka, masukkan alamat web yang ingin anda lengkapi dengan Facebook Comment ini. Misalkan alamat yang web yang kita inginkan adalah http://aplikasiphp.com, dengan jumlah postingan yang ditampilkan 100 post per halaman serta lebar aplikasi sekitar 470 pixel. Perhatikan gambar di bawah ini :

membuat Facebook Comment


Setelah itu, tekan tombol Get Code anda akan mendapatkan kode seperti dibawah ini :

Kode Facebook Comment

Kode pertama, silahkan anda Copy + Paste kedalam template website anda didalam tag . Sebagai contohnya adalah sebagai berikut :


  1. <html>
  2. <head>
  3. <title>Membuat Form Komentar Ala Facebook di Blog Pribadi | AplikasiPHP.Com</title>
  4. </head>
  5. <body>
  6. <div id="fb-root"></div>
  7. <script>(function(d, s, id) {
  8. var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
  9. if (d.getElementById(id)) return;
  10. js = d.createElement(s); js.id = id;
  11. js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=395375743806292";
  12. fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
  13. }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>
  14. </body>
  15. </html>


Sedangkan Kode bagian kedua dari gambar diatas, anda dapat tempatkan dibagian mana anda ingin menampatkan Facebook Comment tersebut. Perhatikan kode dibawah ini :

  1. <div class="fb - comment" data-href="http://analisismiliter.com" data-num-posts="100" data-width="550"></div>

Nah yang anda perlu perhatikan adalah data-href=”http://analisismiliter.com”. Data tersebut adalah link website yang anda ingin masukkan FB Comment didalamnya. Jika anda memiliki beberapa halaman website dan ingin menempatkan FB Comment didalamnya, anda hanya perlu copy paste kode diatas kemudian modifikasi alamat website tersebut didalam kode tersebut.

Facebook Like Button

Membuat Facebook Like Button hampir sama dengan membuat FB Comment. Jika anda sudah membuat FB Comment dengan Sukses sebelumnya, anda hanya perlu memasukkan kode FB Like Button dengan kode seperti di bawah ini :

  1. <div class="fb - likes" data-send="true" data-width="450" data-show-faces="true"></div>

Nah sampai disini, tutorial ini sudah berhasil anda pelajari. Mari terapkan tutorial ini untuk membangun aplikasi website yang sangat interaktif. Nantinya setiap ada komentar akan secara otomatis memunculkan sebuah notifikasi di Account Facebook Anda.

Source:  http://aplikasiphp.com/


Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Aplikasi PHP MySQL di situs ini : http://www.bunafitkomputer.com. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment