Wednesday, July 4, 2012

Beberapa Kelebihan CodeIgniter sebagai PHP Framework

Ada banyak sekali PHP Framework yang tersedia saat ini. Setiap framework tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan masing-masing framework memiliki komunitas mereka sendiri.

PHP Framework yang sering digunakan saat ini adalah sebagai berikut :
a. CodeIgniter
b. Zend PHP Framwork
c. Symphony
d. CakePHP
e. Prado
f. Yii PHP Framewok
g. Dll

Dari sekian banyak framework yang tersedia di internet saat ini, akhirnya penulis memutuskan untuk memilih CodeIgniter sebagai tools yang saya gunakan dalam memngembangkan aplikasi berbasis Web. Mengkin anda bertanya, mengapa saya memilih CodeIgniter dibandingkan dengan Framework lainnya.

Ada beberapa kelebihan CodeIgniter (CI) dibandingkan dengan Framework PHP lain:

1. Performa sangat cepat :

Salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scracth, tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.

2. Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration)

Tentu saja untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php atau autoload.php, namun untuk menggunakan codeigniter dengan setting standard, anda hanya perlu merubah sedikit saja file pada folder config.

3. Banyak komunitas

Dengan banyaknya komunitas CI ini, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, baik itu bertanya atau teknologi terbaru.

4. Dokumentasi yang sangat lengkap

Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami.

5. Dan banyak lagi yang lainnya.

Beberapa website yang menggunakan CodeIgniter ini antara lain: TvOne.co.id, Kompas.com dan banyak lagi yang lainnya.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan saya memakai CodeIgniter dalam membangun suatu aplikasi.

Sumber : http://aplikasiphp.com



Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Aplikasi PHP MySQL di situs ini : http://www.bunafitkomputer.com. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment